BAGAIMANA MELIHAT CCTV DARI DARI JAUH DENGAN HANDPHONE



mungkin sering terbayang diangan-angan kalian, bagaimana cara melihat kondisi rumah melalui CCTV tetapi dengan handphone dari tempat kerja?Hal yang pertama yang harus dipahami adalah topologi jaringan cctv, perangkat cctv apa saja yang digunakan dan bagaimana koneksinya. Gambar 1 di bawah adalah topologi sistem cctv yang akan dilihat / di-remote dari handphone (dalam hal ini digunakan sistem kamera analog – dvr).

Perangkat yang dibutuhkan :
§  DVR
§  Switch Hub
§  Koneksi internet untuk DVR (IP Public), misal : Speedy, Indihome, Blisnet
§  Koneksi internet apa saja untuk HP (Handphone)
§  APP eyemeye yang dapat didownload di playstore


Kamera analog dihubungkan ke DVR menggunakan kabel coaxial atau kabel utp dengan tambahan balun, DVR dihubungkan ke switch hub dengan kabel UTP, modem+router dan access point dihubungkan ke switch hub. Atau dapat juga menggunakan modem/router yang sudah dilengkapi dengan wifi acess point dan switch hub, sehingga DVR dapat dihubungkan langsung (misalnya modem TP-LINK tipe TD-W8951ND)


Memberikan IP Address pada perangkat DVR CCTV


Kamu harus sudah memberi IP address pada DVR yang ingin kamu remote, caranya adalah:
1.    pertama buka setingan dvr, seperti gambar berikut ini, pilih menu network

2.    setelah memilih menu network kamu akan dibawa ke form untuk menisi ip pada dvr, ketika kamu mengaktifkian mode DHCP Enable maka dvr akan diberi ip secara otomatis oleh modem/router,  kalau tidak mengaktifkan mode DHCP Enable maka kamu harus mengisi sendiri ip dvr kamu sesuai dengan range ip modem/router kamu. Saya sangat menyarankan untuk memberikan IP static pada DVR agar mudah dikeloa (IP tidak akan ganti walau perangkat direstart),Jika ada DHCP server di jaringan mu maka gunakan range IP yang tidak dimasukan pada DHCP server agar tidak terjadi bentrok dengan komputer/perangkat yang menggunakan DHCP server.

CONTOH- misalnya pada network 192.168.1.0/24  alokasi IP DHCP 192.168.1.2-192.168.1.100 ,maka gunakan ip 192.168.1.5 -192.168.1.15 untuk IP static DVR mu agar tidak bentrok dengan IP DHCP.


3.    Langkah berikutnya kita mengecek no seri dari dvr kita, karena no seri ini yang akan kita gunakan pada app eyemeye di handphone kita, sehingga melalui app eyemeye kita dapat melihat cctv dari handphone kita.


4.    Selanjutnya kita akan mendownload app eyemeye di handphone kita melalui playstore

5.    Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi Xmeye supaya terhubung ke DVR. Metode ini untuk tampilan lokal maupun online.

a.        Daftar akun untuk aplikasi. bisa juga tidak perlu daftar, silahkan langsung tekan local Login.



b.       Click tanda tambah tombol di bagian kanan atas untuk menambahkan DVR Kita. Nama bisa apa saja.  Serial ID bisa di lihat di Monitor, Masuk Main Menu DVR-Info-Version, ada 14 Digit serial ID , Password default tidak ada/kosongin aja, lalu tekan OK.


c.        Tampilan Selanjutnya adalah Seperti ini, tinggal klik Aja, tampilan bisa di piih 1, 4, 8 ,16 camera, resolusi bisa di pilih HD high definition atau SD standard definition, selamat mencoba.









Comments

Popular posts from this blog

Rahasia Mengatur Channel Wifi 99,99% Stabil

Mengakses/Meremot Modem Indihome melalui jaringan Internet

MODE BRIDGE DALAM MODEM INDIHOME