Mengakses/Meremot Modem Indihome melalui jaringan Internet


Berikut akan saya jelaskan mengenai bagaimana mengakses/meremot modem indihome melalui jaringan luar/internet. Apakah keuntungan bila kita bisa mengakses/meremot modem indihome melalui jaringan luar/internet??? 
1.  Kita bisa menyeting modem kita dan perangkat tambahannya, dari mana saja dan kapan saja tanpa harus bersinggungan dengan jaringan modem kita.
2. Bila kita bisa mengakses/meremot modem indihome melalui jaringan internet maka kita bisa meremot juga perangkat-perangkat jaringan yang ada dibawah modem indihome tersebut, seperti gambar berikut ini:



Ada beberapa hal yang harus kita ketahui sebelum kita bisa mengakses/meremot dengan jaringan internet pada modem indihome atau perangkat yang ada dibawahnya:
1.    kita harus tahu apakah modem indihome kita mode bridge atau tidak. Baca link ini.
2.  kita harus tahu IP Public kita tipe static atau dinamic. Baca link ini.
Bila modem kita belum mode bridge, sedangkan untuk menyeting mode bridge kita perlu izin dari pihak Telkom, maka kita bisa menggunakan teknik IP FORWADING pada modem indihome/teknik NAT pada modem speedy.


Cara Fordward IP Modem Indihome F609 untuk akses web Server Localhost Melalui Jaringan Internet.

apa itu fordward IP? dan kenapa menggunakan Modem Indihome ZTE f609? Fordward IP adalah mengarahkan akses yang menuju ke IP Public Static modem kita (misal 114.98.83.32 ) menuju IP jaringan local pada modem tersebut (misal 192.168.1.4), dan kenapa saya menggunakan modem indihome f609? jawabanya adalah karena di tempat saya menggunakan modem tersebut. Hehe.
Apa kegunaan teknik forward IP ini? Teknik forward IP ini digunakan untuk menggantikan mode bridge pada modem indihome,sehingga kita bisa mengakses perangkat jaringan dibawah modem indihome melalui jaringan internet. contohnya untuk remote desktop, remote mikrotik, remote DVR, remote IP CAM atau untuk mengakses komputer yang kita jadikan web server localhost seperti artikel saya yang sebelumnya tentang Cara membuat Server Web localhost menggunakan PC Windows, XAMPP, dan moodle.
Baiklah kita mulai saja, pertama kita harus tau ip komputer yang kita gunakan sebagai server dulu, caranya untuk windows buka CMD.exe, caranya ketikan CMD di search windows / tekan keyboard Windows + R, ketik CMD lalu enter. nah bagian IPv4 itulah ip kita. catat IPnya ya.

Selanjutnya kita buka modemnya. kalau IP saya 192.168.1.4 berarti IP modemnya adalah 192.168.1.1, ketikan IP tersebut di browser maka halaman login modem akan terbuka.

setelah itu login menggunakan user dan password, secara default user dan passwordnya adalah “user”.
Setelah berhasil login, masuk ke aplication > port fordwarding, lalu setting seperti gambar berikut, pada bagian LAN Host IP Address isikan ip yang sudah di dapatkan di CMD tadi. lalu klik save


Pada tahap ini kalian sudah berhasil memforward ip modem kalian ke PC yang dituju, untuk mengujinya adalah ketik IP Public Static modem kalian di browser lain melalui jaringan internet, jika terakses berarti anda telah berhasil. Contoh ip modem kita 114.98.83.32, maka kita ketik di browser kita http://114.98.83.32/80
Gimana cara mengetahui IP modem kita? caranya adalah buka https://whatismyipaddress.com, disitu kita bisa tahu IP Public Static modem kita.


Setelah kita bisa mengakses/meremot modem atau perangkat dibawah modem melalui jaringan internet, tetapi kita memiliki sedikit masalah yakni setiap kali modem kita restart maka IP Public Static modem kita berubah (baca Type IP) hal ini menyebabkan kita tidak bisa meremote lagi dengan jaringan internet. Oleh karena itu kita harus menggunakan teknik DDNS. Sehingga ketika modem kita restart kita masih bisa meremote modem dan perangkat yang dibawahnya melalui jaringan internet. Dengan teknik DDNS kita mengganti IP Public Static kita dengan Dinamic DNS(DDNS).



Cara Setting DDNS di Modem Indihome f609


Cek website pihak ketiga yang menyediakan layanan DDNS dan sudah didukung oleh router/modem ZTE-609 dengan cara Login sebagai Admin.
> Application > DDNS > Centang pada opsi Enable > klick pada dropbox “service Type”. Pada kasus ini saya menggunakan pihak ketiga dari “No-IP”.


silahkan daftar di websitenya No-IP, untuk tutorial membuat host ddns bisa klik disini.

Setelah membuat hostnya, masukkan Username dan Password yang telah terdaftar di No-IP  >  pada opsi WAN Connection Pilih yang ada kata-kata “pppoe” > pada opsi hostname masukkan nama host yang telah terdaftar pada id No-IP tadi.


langkah terakhir klik “Submit” dibagian bawah, tunggu beberapa saat atau bila perlu restart router dan apabila masih belum terupdate, maka updatelah secara manual IP public static yang didapatkan oleh router ke dalam host No-IP yang telah terdaftar.

Cobalah mengakses jaringan modem kalian dengan jaringan internet modem yang berbeda dan browser yang berbeda, akses dengan alamat ddns yang sudah kalian daftarkan pada website no-ip. Bila bisa maka ada sudah berhasil mengakses/meremote jaringan modem dirumah anda dan perangkat yang ada dibawahnya. Berikut saya akan memberikan contoh apabila kita ingin meremot jaringan localhost berupa xampp/moodle melalui jaringan internet.klik link ini.  



Note:
VIDEO TUTORIAL SETING MIKROTIK GRATIS DAN TERBARU, KLIK DISINI http://bit.do/videoMikrotik

SEORANG KARYAWAN YANG SEDANG BEKERJA DAPAT MELIHAT KONDISI RUMAH NYA MELALUI HANDPHONE, MAU TAU CARANYA http://bit.do/lihat-cctv

SEORANG ADMIN JARINGAN DAPAT MENYETING MIKROTIK YANG ADA DI KANTORNYA DARI MANA SAJA DAN KAPAN SAJA. DAPATKAN TUTORIAL NYA DISINI http://bit.do/setting-mikrotik

Comments

  1. Gk bisa dah ku ikuti tutorial nya

    ReplyDelete
  2. Bang.saya sudah daftar di ip-dinamic,tapi bingung setingnya di modem indihomenya.jika pakai ip-dynamic caranya gimana?

    ReplyDelete
  3. untuk meremot modem indihome sendiri pakai ip public dari jaringan luar kok ga bisa ya? kalo remote yg di bawahnya malah bisa

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Rahasia Mengatur Channel Wifi 99,99% Stabil

MODE BRIDGE DALAM MODEM INDIHOME