TIPS DAN JURUS MASUK STAN


1.   Sebelum Mendaftar
Apakah PKNSTAN?
Adik-adik, taukah kalian apakah PKNSTAN?
Politeknik Keuangan Negara STAN (PKNSTAN) adalah Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) di bawah naungan Kementerian Keuangan RI yang menyelenggarakan Program Studi Diploma di Bidang Keuangan Negara. PKNSTAN merupakan transformasi dari sekolah kedinasan yang dulu dikenal dengan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Bentuknya berupa kursus jabatan, akademi, dan sekolah tinggi yang dikelola oleh institusi pemerintah pengelola keuangan negara.
                                                            “Informasi lengkap bisa adik-adik lihat di www.pknstan.ac. “
Tes PKNSTN ini diselenggarakan oleh Kemenpan RB. Naahh, perlu adik-adik ketahui penerimaan calon mahasiswa baru tidak ditentukan oleh passing grade, tetapi kuota kebutuhan Kemenkeu saat tes tersebut diselenggarakan. Selain itu, setiap pendaftar hanya diberikan 4 pilihan jurusan.
Seperti ini gambaran penerimaan PKNSTAN, misal saja Tomy, dia akan mengikuti tes. Dia memilih jurusan 1) akuntansi, 2) pajak, 3) beacukai, dan 4) kebendaharaan negara. Jika jumlah pendaftar 160.000 dan yang dibutuhkan saat itu hanya 1.500 untuk jurusan akuntansi, naahh calon mahasiswa yang diambil hanya urutan nilai tertinggi dari 1 – 1.500 saja, sedangkan Tomy berada diurutan 1.501 maka dia tidak bisa masuk jurusan akuntansi, otomatis dia bisa masuk jurusan pajak.
Jika adik-adik berutung diterima di PKNSTAN, seluruh biaya selama pendidikan ditanggung oleh negara (http://www.pknstan.ac.id/article/reformasi-pkn-stan-%E2%80%93-sekolah-gratis-yang-makin-exist)Keuntungan lain setelah lulus pendidikan, adik-adik langsung menjadi PNS di bawah Kemenkeu RI (http://www.netralnews.com/news/ekonomi/read/30917/alumni.stan.langsung.jadi.pns..menkeu.minta. keistimewaan.dihormati).
Perlu kalian ketahui PTK tidak hanya STAN masih ada kedinasan di bidang lain. Misalnya Kementerian Dalam Negeri (IPDN), Kementerian Perhubungan (STTD), Kementerian Hukum dan HAM (AIM dan Poltekip), Badan Pusat Statistik (STIS), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG), dan Lembaga Sandi Negara (STSN).”


Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi tes?



·  Belilah buku soal-soal latihan yang berhubungan dengan USM PKNSTAN dan perbanyaklah latihan.
·         Ikutilah tryout/ pelatihan/ les yang berkaitan dengan USM PKNSTAN
·      Kenali pola dan analisislah tipe soal dari tahun-tahun sebelumnya sehingga kamu dapat memprediksi soal-soal yang mungkin muncul dalam tes nanti.

“Singkatnya, lakukan 3 langkah ini: CARI fakta-fakta soal, ANALISIS, SIMPULKAN!

Berlatihlah mengerjakan 1 soal kurang dari 1 menit! Soal USM PKNSTAN berjumlah 180 soal dengan estimasi waktu 150 menit.”

2. Memilih Jurusan
Ini niihh jurusan-jurusan di PKNSTAN
Akuntansi
Pajak
Kepabeanan dan Cukai
Managemen Keuangan
Akuntansi D3
Pajak D1
Kepabeanan dan Cukai D1
Kebendaharaan negara D1
Akuntansi D4
Pajak D3
Kepabeanan dan Cukai D3
Kebendaharaan negara D3

Pajak D3 PBB/Penilai

Manajemen aset D3

Adik-adik, kalian bisa memilih jurusan yang memiliki penawaran kuota terbanyak dan yang terpenting sesuai minat kalian. Ingat ya, penerimaan mahasiswa baru berdasarkan kuota BUKAN passing grade (seperti penjelasan dan ilustrasi di atas). Jadi, semakin besar kuota yang dibuka semakin besar pula peluang kalian untuk diterima pada jurusan tersebut.
Kalian tipe orang yang suka berhitung? Pilihlah jurusan akuntansi atau pajak. Jika menyukai hafalan, pilihlah jurusan kebendaraharaan atau management aset. Di PKNSTAN, jurusan favoritnya adalah akuntansi dan pajak. Once again, this is your choice!


3. Menghadapi Tes PKNSTAN
Adik-adik, tes PKNSTAN ada 4 tahap 1) ujian saringan masuk STAN (TPA dan Bahasa Inggris), 2) wawancara, 3) TKD (tes kebangsaan, tes kepribadian, tes pengetahuan dasar), 4) tes kebugaran (lari keliling 12 menit dan shuttle run).
                                                Ujian Saringan Masuk (USM) PKNSTAN

Adik-adik pada tiap bagian tes harus benar minimal 1/3 bagian dari jumlah soal. Tiap jawaban benar dikalikan 4; jika salah dikalikan -1; tidak menjawab 0.
Untuk lulus tes TPA, kalian minimal mendapatkan 160 poin. Jawaban benar dikalikan 4 lalu dikurangi jumlah salah TIDAK BOLEH kurang dari 160 poin.
Misalnya, Tomy mengikuti tes TPA (120 soal). Dia menjawab dengan benar 50 soal, tetapi salah 10 soal. Poin Tomy adalah (50x4)-10 = 190 > 160. Maka, Tomy dinyatakan lulus. Akan tetapi, apabila Tomy menjawab dengan benar 50 soal salah 41 soal, poinnya (50x4)-41 = 159 < 160. Maka, Tomy dinyatakan tidak lulus.
“Ingat ya adik-adik walaupun kalian dinyatakan lulus, belum tentu tentu anda dapat langsung diterima dipilihan jurusan pertama.”


Materi USM PKNSTAN
a.       Materi yang mungkin muncul dalam tes TPA USM PKNSTAN:
1)      Bilangan Bulat dan Pecahan
2)      Akar Pangkat Rasional
3)      Sinonim dan Pengelompokan
4)      Analogi, Wacana, Persamaan dan Pertidaksamaan
5)      Bidang Datar dan Bangun Ruang
6)      Waktu Jarak dan Kecepatan
7)      Perbandingan Skala dan Kesebangunan serta Himpunan
8)      Analogi Argumen
9)      Hitungan Dagang dan Persentase
10)  Analogi Argumen
11)  Hitungan Dagang dan Persentase
12)  Peluang dan Umur
13)  Statistika
14)  Pola Barisan dan Huruf
15)  Baris dan Deret Aritmatika
16)  Persamaan Garis Lurus
17)  Tabel dan Grafik, Deret Gambar

b.      Materi Bahasa Inggris
1)      To Be and Pronoun
2)      Tenses
3)      Passive Voice
4)      Clauses
5)      Question And Derivatives
6)      Comparison and Preference
7)      Concordance, Padalleslism & Elliptical Contruction
8)      Modals & Preposition
9)      Infinitive & Gerund
10)  Particple & Appositive
11)  Conditional Sentence & Causative
12)  Capita Select
13)  Reading Comprehension

Adik-adik itulah beberapa tips yang bisa kalian ikuti. Semoga bermanfaat yaaa…
Teruslah berusaha dan berdoa, hasil tidak akan menghianati proses!!


Comments

Popular posts from this blog

Rahasia Mengatur Channel Wifi 99,99% Stabil

Mengakses/Meremot Modem Indihome melalui jaringan Internet

MODE BRIDGE DALAM MODEM INDIHOME