APAKAH DISIPLIN ITU?



Duniamu butuh bisa diprediksikan. Duniamu harus teratur dan terencana. Jadi, instingmu membuat kau memaksakan struktur dalam duniamu. Kau membuat rutinitas. Kau fokus pada jadwal dan batas waktu. Kau memecah proyek jangka panjang menjadi banyak rencanya jangka pendek, dan kau mengerjakan semua rencana itu dengan rajin. Kau mungkin bukan orang yang rapi dan bersih tapi kau butuh ketepatan. Berhadapan dengan kekacauan yang ada dalam hidup, kau ingin merasakan kontrol. Rutinitas, jadwal, struktur, semua ini menciptakan perasaan mengontrol. Kurang dalam bakat disiplin ini, orang lain mungkin sering mengecilkan kebutuhanmu akan keteraturan, tapi tidak perlu ada konflik. Kau harus memahami bahwa tidak semua orang merasakan kebutuhanmu untuk predictibiliy; mereka punya cara lain untuk menyelesaikan sesuatu. Namun, kau juga bisa membantu mereka memahami dan bahkan menghargai kebutuhanmu akan struktur. Ketidaksukaanmu pada kejutan, ketidaksabaranmu dengan kesalahan, rutinitasmu, dan orientasi detilmu tidak harus disalahartikan sebagai mengatur perilaku orang yang mengotakkan orang itu. malah, perilaku ini bisa dipahami sebagai metodemu yang secara insting dibutuhkan untuk menjaga perkembangan dan produktivitasmu di hadapan banyak gangguan dalam hidup.
Orang dengan bakat Discipline Bicara seperti ini:
Les T ., hospitality manager:  “Titik balik dalam karirku adalah saat menghadiri salah satu kursus manajemen waktu beberapa tahun lalu. Aku selalu disiplin, tapi kekuatannya berkembang ketika akau belajar bagaimana menggunakan disiplin itu dalam proses yang terorganisir tiap hari. Palm Pilot ini berarti bahwa aku bisa menghubungi ibuku tiap minggu daripada tak menghubunginya selama sebulan. Dengan ini juga aku bisa mengajak istriku makan malam di luar tanpa harus menunggu ia meminta. Hal ini juga berarti bahwa pegawaiku tahu bahwa bila aku butuh melihat sesuatu di hari Senin, aku akan memanggilnya di hari Senin bila aku belum melihatnya. Palm Pilot sudah menjadi bagian dari hidupku sehingga aku bisa memanjangkan saku celanaku sehingga pas di pinggangku.
Troy T ., sales executive: “sistem file-ku mungkin tidak terlalu bagus, tapi sangat efisien. Aku menulis semuanya degnan tangan karena aku tahu tidak ada pelanggan yang melihat file-file itu, lalu kenapa membuang waktu membuat untuk membuatnya bagus? Seluruh hidupku sebagai seorang salesman selalu berdasarkan deadline dan follow-up. Dalam sistem file-ku, aku melacak semuanya jadi aku bisa bertanggung jawab tidak hanya untuk deadlineku dan follow-up ku tapi juga semua pelanggan dan teman kerjaku. Jika mereka belum kembali di waktu yang mereka jannikan, mereka akan menerima email dariku. Faktanya, aku mendengar salah seorang yang berkata, “Aku mungkin segera kembali kepadamu karena aku tahu kau akan menghubungiku jika kau belum mendengar sesuatu dariku.’”
Diedre S., office manager: “Aku benci membuang-buang waktu, jadi aku membuat daftar yang panjang yang bisa membuatku tetap di jalur. Hari ini, daftarku punya 90 hal, dan aku akan melakukannya 95 persenya. Dan itulah disiplin karena aku tidak ingin orang lain membuang waktuku. Aku bukan orang yang kasar, tapi aku bisa memberitahumu dengan humor bahwa waktumu telah habis.”
Saran bagi para pemilik bakat Discipline
1. Jangan terburu-buru untuk memeriksa terlalu sering untuk memastikan bahwa semuanya baik-baik saja. Bagaimanapun,kau merasa perlu segera melakukannya, dan segera orang lain akan mengharapkan hal tersebut darimu.
2.     Terimalah bahwa beberapa kesalahan mungkin bisa membuatmu depresi. Ketepatan adalah bagian inti dari dirimu; bagaimanapun, kau harus menemukan cara untuk bergerak melewati momen-momen penghinaan untuk mencegah dari menjadi penakut.
3. Sadarilah bahwa orang lain mungkin tidak sedisiplin dirimu. Seringkali, proses ceroboh mereka akan membuat frustasi dirimu, jadi jangan hanya melihat proses mereka, dan fokuslah pada hasilnya, bukan pada prosesnya.
4. Ketepatan adalah keahlianmu; kau senang menjelaskan dengan detil. Carilah kesempatan untuk memeriksa kontrak, komunikasi penting, atau dokumen keuangan dari kesalahan. Kau bisa menyelamatkan dirimu dan orang lain dari membuat kesalahan yang mahal dan kelihatan bodoh.
5.  Meningkatkan efisiensi adalah keahlianmu, kau adalah seorang yang perfeksionis tulen. Temukan situasi-situasi di mana waktu atau uang dibuang karena inefisiensi, dan buatlah sebuah sistem atau prosedur yang bisa meningkatkan efisiensi.
6.  Kau tidak hanya membuat keteraturan, kau mungkin juga membutuhkan dalam bentuk yang terorganisasi. Untuk membebaskan bakat disiplinmu, berinvestasilah dalam hal-hal detil dan sistem organisasi yang bisa memungkikanmu memiliki “tempat untuk semuanya, dan semuanya pada tempatnya.”
7.     Jadwal memotivasi dirimu, ketika kau memiliki tugas untuk diselesaikan, kau ingin tahu deadline-nya jadi kau bisa merencanakan jadwal dengan tepat.
8. Aplikasikan bakat Discipline-mu dengan menggaris bawahi langkah-langkah rencana yang akan kau gunakan. Orang lain akan menghargai instingmu karena mereka akan membantu semuanya “tetap pada pekerjaannya.”
9. Orang lain bisa jadi bingung antara bakat Discipline dengan kekakuan. Bantu mereka memahami bahwa discipline-mu membantu keefektivanmu dalam sehari-seringkali karena kau memprioritaskan waktumu. Ketika bekerja dengan orang yang tidak disiplin, minta mereka memperjelas deadline sehingga kau bisa mengatur beban kerjamu agar bisa sesuai dengan permintaan mereka.
10.Carilah peran dan tanggung jawab yang memiliki struktur.
11.Buat rutinitas yang membuatmu bisa mengikutinya dengan sistematis. Selama berjalan, orang akan menghargai prediktibilitas seperti ini.


Bekerja dengan orang yang punya bakat Discipline
a.  Ketika bekerja dengan orang ini dalam sebuah proyek, pastikan memberikan deadline. Dia merasa butuh melakukan pekerjaan harus segera diselesaikan lebih dari jadwal. Dan dia tidak bisa melakukannya bila kau tidak menunjukkan jadwalnya.
b.    Jangan memberikan kejutan kepada oran gini dengan perubahan mendadak dalam rencana dan prioritas. Hal yang tidak diharapkan bisa membuatnya stres. Ini bisa membuatnya bete.
c.   Ketidakteraturan menjengkelkan orang ini. jangan harap dia bisa bertahan lama dalam lingkungan yang tidak teratur. 




Comments

Popular posts from this blog

Rahasia Mengatur Channel Wifi 99,99% Stabil

Mengakses/Meremot Modem Indihome melalui jaringan Internet

MODE BRIDGE DALAM MODEM INDIHOME