Ip Publik Statis dan Ip Publik Dinamis pada Modem Internet

Pada kesempatan pagi ini saya akan menjelaskan kepada temen-temen sekalian mengenai perbedaan dari IP Publik Statis dan IP Publik Dinamis pada modem Indihome. sebelum nya saya anggap teman-teman sudah sangat jelas mengenai perbedaan antara IP Publik, IP Privat, IP Statis dan IP Dinamis. 
Pada setiap modem yang kita miliki akan selalu mendapat IP Publik dari fendor penyedia jaringan Internet(Telkom/Citranet/dll), sehingga komputer kita dirumah atau device kita bisa konek ke jaringan internet. Pertanyaan nya adalah IP Publik yang kita miliki tersebut apakah bertipe IP Publik Statis atau bertipe IP Publik Dinamis, hal ini sangat penting diketahui apabila kita sebagai administrator jaringan ingin menghubungkan device jaringan lokal kita melalui perantar modem kita(lihat artikel ini) ke jaringan internet. 
Berikut ini cara untuk mengetahui jenis IP Publik modem kita,
1. Cek lah IP Publik modem anda dengan mengunjungi website whatismyipaddress, dari situ kalian akan tahu IP Publik modem kalian.

2. Pada contoh gambar di atas IP Publik saya adalah 36.78.61.45. setelah itu saya coba untuk merestart modem saya, dengan cara mematikan modem sebentar dan dinyalakan kembali.
3. Setelah itu saya cek kembali IP Publik saya dengan website Whatismyaddress, apabila tertera IP Publik saya masih 36.78.61.45 tidak berubah maka dapat diketahui IP Publik saya tipe IP Publik Statis. Apabila saya cek kembali dan IP Publik saya berubah 88.76.50.25 maka dapat diketahui IP Publik saya bertipe IP Publik Dinamis.

Diketahui sebagian besar untuk layanan internet yang ada di Indonesia IP Publik yang diberikan adalah bertipe IP Publik Dinamis, dan apabila menginginkan IP Publik Statis maka harus mengajukan ke pihak penyedia layanan internet, berdasarkan syarat-syarat tertentu.

Berdasarkan pengalaman saya sebagai administrator jaringan akan sangat sulit ketika kita ingin menghubungkan device jaringan lokal kita melalui perantar modem kita (lihat artikel ini) ke jaringan internet apabila IP Publik modem kita bertipe IP Publik Dinamis, karena IP Publik Dinamis akan selalu berubah apabila modem direstart, listrik padam, atau insiden lainnya. Sehingga untuk menanggulangi itu tanpa harus mengubah IP Publik Dinamis menjadi IP Publik Statik, pengalaman saya sebagai administrator jaringan adalah saya akan menggunakan teknik sistem DDNS.

Sekian artikel dari saya semoga bermanfaat.


Comments

  1. Pada kesempatan pagi ini saya akan menjelaskan kepada temen-temen sekalian mengenai perbedaan dari IP Publik Statis dan IP Publik Dinamis pada modem Indihome.

    http://www.sabungayam.com/

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Rahasia Mengatur Channel Wifi 99,99% Stabil

Mengakses/Meremot Modem Indihome melalui jaringan Internet

MODE BRIDGE DALAM MODEM INDIHOME