Menjadi Expert dengan Kegagalan


Artikel saya pada siang hari ini adalah lanjutan dari artikel saya yang sebelumnya dengan judul “Bagaiman 4 tahap menjadi master?”. Saya membuat artikel lanjutan ini karena mulai terlintas dibenak saya mengapa ketika kita sudah tahu bahwa hanya dengan mencapai tahap Unconscious and Competence (baca artikel saya sebelumnya) saja yang membuat kita bisa mencapai expert disuatu bidang, tetapi kita malah terkadang terhenti dan menyerah sebuluh mencapai tahap terakhir tersebut. Jawabannya menurut saya adalah karena kita semua takut terhadap kegagalan dan ketidak pastian.
Berikut ini saya akan berbagi mengenai saran dalam menghadapi kegagalan, yang sudah saya ringkat dari beberapa literatur yang ada diinternet. Ada banyak pembahasan menenai tips bagaimana caranya menjadi sukses baik dalam karir, keuangan, hubungan dll. Tetapi bagi kami sama pentingnya, menyiapkan sejumlah hal untuk menghadapi kegagalan!Billy P.S. Lim, motivator kelas dunia yang berbasis di Malaysia, pernah menanyakan kepada peserta training. “Mengapa orang akan tenggelam ketika jatuh di dalam air?”
Berbagai jawaban diberikan tetapi yang paling sering adalah “Dia tidak dapat berenang.” Yang hadir heran, karena Lim menyalahkan jawaban tersebut. Akhirnya ia memberitahukan jawabannya, “Orang tenggelam karena dia menetap disitu dan tidak menggerakan dirinya ke tempat lain.”
Jadi berapa kali orang jatuh/gagal bukan menjadi inti masalahnya, tetapi berapa kali dia bangkit kembali setelah jatuh itu yang menjadi inti masalahnya.
Jangan ukur seseorang dengan berapa kali dia jatuh, ukurlah ia dengan berapa kali ia bisa bangkit kembali. Seseorang yang mampu bangkit kembali setelah jatuh, tidak akan putus asa. Menyedihkan, mendengar bahwa banyak orang seperti mereka, setelah sekali dua kali gagal, memilih menetap disitu dan akhirnya mati sebagai orang yang benar-benar gagal.
Ketabahan adalah kemampuan untuk bangkit setelah sekian kali jatuh. Dalam benturan antara air sungai dan batu, maka untuk kesekian kali air sungai menang. Air sungai menang bukan karena kuat tetapi air sungai menggunakan ketabahan. Seberapa jauh anda tidak masalah, tetapi yang penting adalah seberapa sering anda bangkit kembali.
Apabila anda terus bangkit mencoba walaupun sudah 3 kali kegagalan, anda dapat mempertimbangkan diri anda sebagai pemimpin dalam pekerjaan anda sekarang. Jika anda terus mencoba setelah belasan kali mengalami kegagalan maka benis kejeniusan sedang tumbuh dalam diri anda. Seperti Thomas Alfa Edison yang menerima seribu kali kegagalannya sebagai seribu cara yang dia temukan yang salah satunya menghasilkan kesuksesan dengan ditemukannya lampu.
Jangan Menyerah
Anda tumbuh menjadi semakin dewasa dan bijaksana. Dulu anda menanggung kegagalan secara pribadi. Ketika kulit anda semakin berkerut anda semakin belajar dari kesalahan-kesalahan anda.(cheong chong kong)
Pada dasarnya kegagalan adalah situasi tak terduga yang menuntut transformasi dalam bentuk yang positif. Jangan lupa bahwa America adalah contoh dari kegagalan total. Karena Colombus sebenarnya ingin mencari Asia.
Babe Ruth, pemain baseball terkenal, tidak hanya mencetak 714 homerun, namun dia juga pernah luput (strike out) 1330 kali.
Kita belajar dari cerita seorang eksekutif perusahaan IBM yang memiliki prospek cerah. Ia baru saja melakukan kesalahan transaksi yang merugikan perusahaan juta dollar. Pendiri IBM memanggil eksekutif muda itu. Spontan eksekutif muda itu berkata.
“Saya tahu anda akan meminta saya untuk mengundurkan diri, bukan!”
“Anda tidak perlu cemas. Kami baru saja mengeluarkan jutaan dollar untuk mendidik Anda!”begitu jawab eksekutif muda itu.


Comments

Popular posts from this blog

Rahasia Mengatur Channel Wifi 99,99% Stabil

Mengakses/Meremot Modem Indihome melalui jaringan Internet

MODE BRIDGE DALAM MODEM INDIHOME