How to become Expert?



Suatu ketika ada seorang dosen jurusan seni membuat keramik yang sedang mengajar mahasiswanya, karena sudah bertahun-tahun ia mengajar maka ia mulai bosan dengan metodenya mengajar, ia memutuskan untuk mencari suatu metode mengajar yang baru dan lebih segar, sehingga membuat kelas yang diajarnya tidak membosankan lagi. Akhirnya sang dosen memiliki suatu ide tentang metode mengajarnya yang baru, ia membagi kelas menjadi 2 kelompok, yakni kelompok A dan kelompok B. Tugas setiap anggota kelompok A adalah untuk membuat 1 bentuk gerabah terbaik yang bisa mereka buat, tiap anggota kelompok A diberi waktu 12 bulan. Sedangkan tugas setiap anggota kelompok B adalah membuat sebanyak-banyaknya gerabah dengan berbagai ukuran dan bentuk, dan sang dosen akan mengambil semua gerabah yang dibuat tiap anggota kelompok B.
Yang menarik adalah bahwa tiap anggota A memulai tugas mereka dengan mengumpulkan segala informasi tentang bentuk-bentuk/teknik-teknik membuat gerabah baik dengan datang ke setiap gallery event atau berdiskusi dengan tiap anggota kelompok A tentang gerabah apa yang paling baik untuk dibuat. Dua bulan sebelum waktu berakhir mereka mulai membuat 1 gerabah yang mereka inginkan tersebut dan mengumpulkannya kepada sang dosen.
Sedangkan untuk kelompok B memulai tugas mereka dengan membuat gerabah di gallery atau ruangan mereka masing-masing dimulai dari hari pertama, mereka menghabiskan berton-ton tanah liat selama membuat gerabah setiap harinya. Setiap kali melihat suatu bentuk maka akan mereka coba untuk membuatnya menjadi gerabah hingga 12 bulan berakhir.
Akhirnya waktu 12 bulan pun habis, saat nya tiba untuk penilaian dihadapan sang dosen. Kelompok A hanya mengumpulkan 1 gerabah untuk tiap siswa. Sedangkan kelompok B mengumpulkan lebih dari 100 gerabah untuk setiap siswa. Yang menarik adalah gerabah dengan bentuk terbaik dan detail terbaik rata-rata dari kelompok B.
Yang ingin saya bagi dari cerita diatas adalah untuk mencapai suatu tingkatan expert/ahli dalam suatu skill, baik itu hardskill atau softskill yang paling kita butuhkan adalah jam terbang kita dalam berhubungan atau menggunakan skill itu setiap harinya. Banyangkan pada cerita di atas kelompok B rata-rata sangat baik hasil gerabahnya karena setiap hari mereka menghabiskan jam terbang mereka untuk berkutat dengan membuat gerabah. Kegagalan dan keberhasilan yang dilalui setiap harinya inilah yang membuat kita menjadi ahli/expert.

Comments

Popular posts from this blog

Rahasia Mengatur Channel Wifi 99,99% Stabil

Mengakses/Meremot Modem Indihome melalui jaringan Internet

MODE BRIDGE DALAM MODEM INDIHOME