Kenapa kita sering mengalami ketakutan yang berlebihan


Selamat siang Guys, okeh disiang hari yang cerah ini saya akan sedikit berbagi tentang peranan otak manusia dalam perkembangan pribadi manusia itu. Kenapa di siang hari ini memilih materi yang agak berat, berawal di siang hari kemarin saya membuka youtube channel dan menemukan suatu video yang menarik dari seorang pakar Doctoral dari Spayol bernama Conor Neill yang berbicara bahwa otak manusia terbagi atas 3 bagian, yakni otak Reptil, otak mamalia, dan otak neokorteks. Apa fungsi dan maksud dari otak reptile, mamalia, dan neokorteks?akan saya jelaskan pada paragraph dibawah ini.
Menurut Paul D. Maclean dengan konsep triune brainnya, mengatakan bahwa otak manusia dalam perkembangannya dibagi atas tiga bagian, yakni otak reptile, otak mamalia/limbik dan otak neokorteks.
Otak reptile atau sang penjaga. Otak ini terletak di bagaian belakang otak kita yang berbentuk batang menghubungkan otak dengan tulang belakang. Otak reptil berfungsi mengatur gerak reflek dan keseimbangan pada tubuh kita. Otak ini yang memberikan perintah kepada kita untuk lari, berhenti, atau melawan ketika ada bahaya/keadaan yang tidak nyaman, yang mengancam dalam hidup kita (fight or flight). Otak reptil akan aktif ketika diri kita merasa takut, terancam, marah, atau saat lelah. Otak reptil ini akan menerima informasi pertama dari tubuh kita dan akan diteruskan ke otak berikutnya(otak mamalia dan otak neokorteks). Jadi apabila informasi yang diterima pertama kali pada otak reptile adalah informasi yang bagus, membuat nyaman, dan tidak membahayakan maka akan langsung diteruskan dan kita dapat berpikir dengan jernih. Sebalikanya apabila informasi yang diterima pertama kali pada otak reptile adalah informasi yang buruk, membuat tidak nyaman, dan membahayakan hidup kita maka informasi yang dilanjutkan ke otak selanjutnya(otak mamalia dan otak neokorteks) hanya sebagian besar dan membuat kita tidak bisa berpikir secara jernih.

Otak limbik (mamalia) Otak ini sebagai pengendali emosi. Mengatur keseimbangan hormonal dalam tubuh, rasa haus dan lapar, dorongan seksual, pusat kesenangan dan metabolisme. Otak ini akan selalu melibatkan emosi yang mendalam.
Otak neokorteks(pemikir/kreatifitas) Otak ini merupakan sebagian besar dari otak kita dengan bentuk lekukan-lekukan di dalam tengkorak kita, tugas otak ini adalah untuk berpikir, berkretifitas, berbicara, melihat, mencipta. Otak ini adalah pusat kita berimajinasi.

Dari penjelasan diatas dapat kita ketahui bagian otak mana saja yang membuat kita kadang merasa takut ketika ada bahaya atau ketika kita sering kali over worry(kekuatiran yang berlebihan).




Sumber Pustaka:

Comments

Popular posts from this blog

Rahasia Mengatur Channel Wifi 99,99% Stabil

Mengakses/Meremot Modem Indihome melalui jaringan Internet

MODE BRIDGE DALAM MODEM INDIHOME